Waaaaah…. asyiknya ber-LESSON STUDY

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pendidikan selalu berupaya meningkatkan keprofesian tenaga Pendidik atau Guru. Kali ini Dinas Pendidikan menyelenggarakan Workshop Lesson Study (LS) bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas SMP. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu selasa sd Rabu tanggal 23 sd 24 Oktober 2012. Nara sumber didatangkan dari Universitas Negeri Malang, dosen yang memang sudah lama berkompeten di bidang LS yaitu Dr. H. Istamar Syamsuri, P.Hd dan Drs. H. Sukoriyanto, M.Si. Workshop ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 7 orang pengawas, 11 orang Kepala Sekolah, 11 orang Guru IPA dan 11 orang Guru Matematika SMP. Tidak seperti penyelenggaraan workshop tahun-tahun sebelumnya yang hanya diikuti para guru. Untuk tahun ini kegiatan guru diupayakan diikuti oleh Kepala Sekolah dengan maksud agar Kepala sekolah juga memiliki pemahaman yang sama tentang materi LS sehingga pada saat implementasi di sekolah kepala sekolah berusaha memfasilitasi serta memberikan motivasi kepada para guru. Termasuk keikutsertaan Pengawas sekolah agar dapat mengawal dan memantau serta memiliki kemampuan untuk membina pelaksanaan LS di sekolah. Pada hari pertama workshop di tempatkan di Hotel Agung Lumajang dengan pemaparan materi LS dan persiapan open class untuk hari ke 2. Open class (praktik mengajar) dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lumajang. Guru model telah disepakati Ibu Indarti Sukowati, Spd untuk mata pelajaran matematika, sedangkan untuk IPA dipercayakan kepada Ibu Khamiyati, S.Pd. keduanya dari SMPN 3 Lumajang. Open class berlangsung selama 2 jam pelajaran. Guru model mengajar dengan baik sesuai yang direncakan dan dengan persiapan yang maksimal sehingga pembelajaran berjalan lancar. Guru yang lain sebagai pengamat begitu antusias mengamati kegiatan siswa selama pembelajaran. Karena pembelajaran yang menarik dan menyenangkan itu sampai-sampai ada peserta yang bicara duuuuh seneng banget………….asyiiiiiiik ya ber-Lesson study…..

Menjelang penutupan panitia telah mengagendakan presentasi pengalaman guru yang telah melaksanakan LS dari SMP Negeri Kedungjajang  yaitu Ibu Khoyum Dwi Astutik, S.Pd. Dengan melaksankan LS selama 2 tahun ternyata banyak membawa perubahan positif baik bagi guru maupun siswa. Misalnya dulu siswa banyak yang pasif sekarang menjadi aktif dan guru makin kreatif. Penampilan ibu Khoyum  dengan gaya  dan job-job yang menarik sehingga membuat peserta workshop tertawa-tawa dan termotivasi. Selamat ya bu…….. teruskan ber-LS.

Hasil kegiatan workshop ini akan diteruskan dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dengan kegiatan di sekolah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Rapat koordinasi/sosialisasi hasil workshop
  2. Membentuk Tim LS IPA dan Matematika
  3. Menyusun Program LS mulai bulan Nopember  2012 sd  akhir mei 2013
  4. Program LS dilaksanakan untuk mata pekajaran IPA dan Matematik
  5. Bulan Nopember sd Desember 2012 melaksanakan : 2 kali open class untuk masing-masing mata pelajaran
  6. Bulan Januari sd Mei 2013 melaksanakan 3 kali open class untuk masing-masing mata pelajaran
  7. Menyerahkan program ke Dinas Pendidikan selambat-lambatnya tanggal 31 Oktober 2012 ( 2 rangkap)
  8. Ada pendampingan/pemantauan dari Dinas Pendidikan/Pengawas
  9. Menyusun Laporan pelaksanaan LS dan diserahkan ke Dinas pendidikan selambat-lambatnya akhir Mei 2013.

Untuk penyusunan program disediakan format yang  dapat diunduh di bawah ini !

RENCANA TINDAK LANJUT-RTL 2012

 

 

 

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s